Code of Conduct adalah pedoman internal perusahaan yang
berisikan sistem nilai, etika bisnis, etika kerja, komitmen, serta penegakan
terhadap peraturan-peraturan perusahaan bagi individu dalam menjalankan bisnis,
dan aktivitas lainnya serta berinteraksi dengan stakeholders.
Pembentukan citra yang baik terkait erat dengan perilaku
perusahaan dalam berinteraksi atau berhubungan dengan para stakeholder.
Perilaku perusahaan secara nyata tercermin pada perilaku pelaku bisnisnya.
Dalam mengatur perilaku inilah, perusahaan perlu menyatakan secara tertulis
nilai-nilai etika yang menjadi kebijakan dan standar perilaku yang diharapkan
atau bahkan diwajibkan bagi setiap pelaku bisnisnya. Pernyataan dan
pengkomunukasian nilai-nilai tersebut dituangkan dalam code of conduct.
Di dalam Perilaku korporatif, peran pemimpin sangat penting
antara lain :
1. First Adapter, penerima dan pelaksana pertama
dari budaya kerja
2. Motivator, untuk mendorong insan
organisasi/korporasi melaksanakan budaya kerja secara konsisten dan konsekuen
3. Role Model, teladan bagi insan korporasi
terhadap pelaksanaan budaya kerja
4. Pencetus dan pengelola strategi, dan program
budaya kerja sesuai kebutuhan korporasi.
Manfaat Code
of Conduct antara lain :
1. Menciptakan suasana
kerja yang sehat dan nyaman dalam lingkungan perusahaan.
2. Membentuk karakter
individu perusahaan yang disiplin dan beretika dalam bergaul dengan sesama
individu dalam perusahaan maupun dengan pihak lain di luar perusahaan.
3. Sebagai pedoman yang
mengatur, mengawasi sekaligus mencegah penyalahgunaan wewenang dan jabatan
setiap individu dalam perusahaan
4. Sebagai acuan terhadap
penegakan kedisiplinan.
5. Menjadi acuan perilaku
bagi individu dalam perusahaan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab
masing-masing dan berinteraksi dengan stakeholder perusahaan.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar